Inovatif, Anyaman Bambu kian Diminati Wisatawan

34
Kerajinan anyaman dengan tehnik pewarnaan pinggiran yang kini diminati wisatawan. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Anyaman bambu atau kerajinan anyaman dari bambu merupakan salah satu jenis dari berbagai macam hasta karya yang anda di Indonesia umumnya dan Buleleng khususnya yang terdapat di Desa Tigawasa. Ditambah lagi iklim tropis yang ada di Indonesia sangat mendukung perkembangan tanaman bambu, sehingga ketersedian bahan baku untuk membuat anyaman dari bambu sangat melimpah.

Anyaman bambu selain digunakan sebagai kerajinan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga. Namun, dewasa ini pemanfaatan bambu paling banyak dimanfaatkan sebagai anyaman. Anyaman bisa dibuat dari bahan yang hemat tetapi bisa menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang memiliki banyak manfaat dan juga nilai ekonomis yang tinggi.

Mengkreasikan suatu kerajinan agar tetap memiliki nilai jual tinggi di pasaran bahkan mampu menembus pasar nasional adalah harapan secara pribadi dari seluruh perajin, khususnya yang menjadikan kerajinan sebagai tumpuan kehidupan dalam keluarga. Terbukti, perajin di Buleleng terus meningkatkan kualitas agar tetap bertahan di pasaran dengan berbagai inovasi baru. Seperti Desa Tigawasa, yang masyarakatnya mayoritas sebagai perajin anyaman bambu yang terasebar di beberapa dusun ini terus berinovasi, baik dari segi desain dan kualitas. (ira)

BAGIKAN