Napak Tilas dan Tabur Bunga di Monumen Pahlawan IGN Rai  

14
ist APEL - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta bersama Wabup Suiasa usai pelaksanaan apel penghormatan, dan tabur bunga di Monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Carangsari, Petang, Jumat (18/11) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Ratusan peserta napak tilas yang mengusung pataka, panji-panji dan surat sakti pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai melaksanakan apel penghormatan, dan tabur bunga di Monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Carangsari, Petang, Jumat (18/11) lalu. Tabur bunga dilakukan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama para veteran, didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, Muspika Kecamatan Petang serta kepala SKPD.
Usai tabur bunga serangkaian memperingati Hari Puputan Margarana yang jatuh pada 20 November ini, peserta napak tilas dari Pemuda Panca Marga serta siswa SMP dan SMA/SMK se-Badung menuju Puri Ngurah Rai Carangsari untuk mengikuti serasehan. Pada acara serasehan hadir Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup Suiasa, anggota DPRD Badung Nyoman Dirgayuda, Penglingsir Puri Ngurah Rai Carangsari AA Alit Yudha, Ketua LVRI Badung I Wayan Tegug. Serasehan diisi penyerahan hadiah kepada juara napak tilas serta pemutaran film “Indonesia Mengingat” yaitu film tentang Perang Puputan Badung dan Puputan Margarana. Diisi pula persembahan Puisi oleh Ketua Tuna Netra Badung AA Mayun Juliawan.
Bupati Badung Giri Prasta pada kesempatan tersebut menyampaikan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Salah satunya perjuangan gigih dan pengorbanan pahlawan I Gusti Ngurah Rai. Kegiatan bersama napak tilas ini adalah wujud bakti kepada para pahlawan, khususnya I Gusti Ngurah Rai. Bupati meminta, apa yang menjadi ide dan gagasan pahlawan I Gusti Ngurah Rai agar dapat diteruskan dalam kehidupan ini. Wabup Suiasa menekankan, kegiatan napak tilas dapat dijadikan momentum untuk introspeksi diri dan patut direnungkan, bagaimana perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai bersama pasukan ciung wenara yang rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan. Perwakilan Puri Ngurah Rai Carangsari, Yudha Putra menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati dan Pemkab Badung yang telah mengemas kegiatan napak tilas dengan baik dan sangat berkesan karena berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.