Muscab HKTI Denpasar Pilih Ir. Sri Sutari sebagai Ketua Baru

32
Ketua sebelumnya memberi selamat kepada Sri Sutari sebagai Ketua DPC HKTI Kota Denpasar yang baru. (man)

Denpasar (Bisnis Bali) – Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Kota Denpasar yang digelar di Kantor Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar, Minggu (20/11), memilih secara aklamasi Ir. Ni Wayan Sri Sutari, Sp.,MP., sebagai ketua yang baru untuk periode 2016-2021. Sri Sutari menggantikan Ketua sebelumnya Ir. AA Ngr. Mayun Wirajaya, M.M. yang telah habis masa kepemimpinannya.

Muscab DPC HKTI Denpasar dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar yang sekaligus membuka acara, Ir. I Gede Ambara Putra, M. Selain itu, hadir pula Ketua DPC HKTI Bali Prof., Nyoman Suparta, Sekertaris DPD HKTI Bali sekaligus memimpin sidang Muscab HKTI Denpasar, Dr. Ir. Dewa Nyoman Sudita., MP, dan para jajaran pengurus HKTI.

Ketua DPD HKTI Bali, Prof. Nyoman Suparta dalam kesempatan tersebut mengungkapkan,
Muscab merupakan perintah dari AD/ART organisasi yang dilakukan setiap lima tahun sekali untuk memilih ketua dan program yang baru. Harapannya, kepada Ketua DPC HKTI Denpasar yang terpilih agar dapat meningkatkan produktivitas hasil di tengah ancaman alih fungsi lahan yang terjadi di Kota Denpasar. Sejalan dengan itu, meningkatnya produktivitas hasil pertanian serta merta membuat tingkat kesejahtraan pelaku usaha pertanian di Kota Denpasar akan tercapai.

Lanjutnya, tingkatkan produktivitas pertanian itu sendiri masih berpotensi untuk dilakukan di Kota Denpasar, meski dengan luasan yang terbatas. Salah satunya, dilakukan melalui pengembangan hidroponik hingga sistem tanam tabulapot. Tambahnya, upaya tersebut dipadukan dengan pemetaan wilayah, sehingga itu akan menjadi ciri khas bagi pengembangan pertanian di masing-masing Kecamatan di Kota Denpasar yang lahannya sempit.

“Sri Sutari sendiri memang sosok yang banyak berkiprah di sektor pertanian, dan cukup legaliter dalam membawa pikiran dan aktivitasnya membawa membangun pertanian di Kota Denpasar, sehingga sangat tepat untuk memimpin Ketua DPC HKTI Denpasar periode mendatang,” tuturnya.

Sri Sutari dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, berterima kasih atas mandat yang dipercayakan kepadanya sebagai Ketua DPC HKTI Denpasar. Terkait itu, mendatang ia memprogramkan untuk membangkitkan minat bertani dari kalangan generasi muda.

“Anak muda ini kita ajak untuk terjun ke sektor pertanian. Sebab, bila memang serius menekuni sektor tersebut, hasilnya tidak kalah dengan pendapatan didapat dari sektor usaha lain,” ujarnya yang juga Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia Kota Denpasar.

Sementara itu, Gede Ambara Putra dalam kesempatan tersebut menyambut baik terpilihnya ketua DPC HKTI Denpasar yang baru. Harapannya, ketua DPC HKTI Denpasar nantinya bisa bersinergi dengan dinas untuk melestarikan dan mengembangkan sektor pertanian di Kota Denpasar.
Katanya, terkait alih fungsi lahan, dinas sendiri sudah menyikapi dengan membetuk subak Lestari. Terdiri dari subak Uma Desa, Angebaya Uma Laya dan Intaran yang total luasannya mencapai 200 hektar. Tambahnya, dalam subak Lestari tersebut dikemas pola smart city. Maksudnya, tidak hanya digarap oleh dinas pertanian saja, namun juga digarap oleh dinas lainnya sesuai dengan tugas kerja masing-masing dinas.
“Kami berharap dengan begitu akan mampu menekan alih fungsi lahan di Kota Denpasar nantinya,” tandasnya. (man/)

BAGIKAN