“Long Dress’’ Endek Tembus Pasar Internasional

18

Singaraja (Bisnis Bali) –  Endek dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dari masa ke masa. Endek yang dilihat dari masa ke masa cukup apik dikemas oleh desainer andal, agar tetap bisa mempertahankan eksistensinya.  Kolaborasi endek dipadukan dengan kain polos, shifon atau katun menjadi daya tarik tersendiri di masyarakat.

Kain endek yang memiliki ciri khas dan pakem yang bernilai tinggi ini, cukup memiliki peluang bisnis yang baik dalam meningkatkan daya saing industri fashion endek dalam menghadapi Masyarakat Ekononi ASEAN (MEA).

Dewasa ini fashion endek makin dikreasikan oleh sejumlah desainer fashion, yang tidak ingin berhenti berkreativitas dan berinovasi untuk mendesain fashion- fashion baru. Tidak tanggung- tanggung desain fashion inovatif dari endek ini mampu menembus pasar internasional.

Salah satu fashion endek kombinasi yang mampu menembus pasar internasional yakni long dress endek. Long dress endek atau endek gaun panjang desain dari 3DESign dari Banjar Melanting Buleleng ini, mampu menciptakan kesan feminim yang elegan dan modern lewat perpaduan motif tradisional endek dengan kain siffon, kain rayon atau katun. (ira)

BAGIKAN