Budi Daya Jamur Tiram Cocok di Lahan Sempit

65

BUDI DAYA jamur tiram menjadi salah satu sektor pertanian yang menjanjikan keuntungan besar bagi para petani. Selain itu, budi daya jamur tiram tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga cocok untuk daerah perkotaan seperti Denpasar.
“Jamur tiram belakangan banyak peminatnya, karena masyarakat mulai mengetahui manfaatnya. Dengan demikian, kami cukup kewalahan memenuhi permintaan,” kata Ni Wayan Purnami Rusadi, petani jamur tiram di daerah Peguyangan Denpasar.
Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung asam amino esensial yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Kelebihan jamur tiram dibanding dengan daging adalah jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolesterol jahat pada tubuh.  Mengkonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar koleterol jahat pada tubuh.
Kandungan vitamin C dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung magnesium yang baik untuk tubuh. Jamur tiram juga mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.
Untuk memulai budi daya dibutuhkan kumbung atau rumah jamur. Kumbung adalah bangunan yang berisi rak-rak untuk meletakkan baglog. Baglog yang sudah ditanami bibit harus disimpan di tempat yang menunjang pertumbuhan miselium dan tubuh buah.
Kubung dibuat dengan ukuran 10 x 12 m² yang di dalamnya terdapat 8 buah petak pemeliharaan berukuran 5,7 x 2,15 m². Jarak antara petak 40-60 cm. di dalam setiap petakan dibuat rak-rak yang bertingkat ke atas untuk menyimpan 1.300-1.400 log. Rangka dapat dibuat dari kayu atau bambu. Baglog disimpan di atas rak dengan posisi tegak atau miring. Jarak penyimpanan diatur sedemikian rupa sehingga tubuh buah yang tumbuh dari baglog tidak tumpang-tindih dengan tubuh buah yang lain.
“Untuk budi daya jamur tidak sulit, karena sudah ada yang menjual baglog siap budi daya. Harganya pun terjangkau yaitu Rp 3 ribu per baglog,” tukasnya. (pur)

BAGIKAN