Masalah Polusi Kurangi Kenyamanan Wisatawan  

29
kup Pemerintah mesti memperhatikan kapasitas Bali sehingga polusi udara udara dan masalah kebersihan tidak mengurangi daya tarik Bali.

Denpasar (Bisnis Bali) – Polusi udara dan kebersihan menjadi perhatian wisatawan yang berlibur ke Bali. Ketua INCCA Bali, IB Surakusuma, Senin (14/11) mengatakan, pemerintah harus memperhatikan daya dukung Bali sehingga masalah polusi ini mengurangi kenyamanan wisatawan berlibur di Bali.

Ia mengungkapkan, alam Bali baik di laut, di darat maupun di udara mesti dijaga dengan baik. Jika alam Bali ini tidak dijaga dengan baik maka daya tarik Bali akan menurun. Ke depan, penurunan kualitas daya tarik Bali akan menjadi indikator pertimbangan wisatawan mengalihkan tujuan berliburnya ke luar Bali.

Ia menjelaskan, jumlah kendaraan yang berlebih menimbulkan polusi udara. Ini tentunya menjadi ancaman bagi pariwisata Bali. Pemerintah perlu memikirkan daya tampung pariwisata Bali sehingga tidak terjadi kemacetan yang terlalu parah di Bali.

Ia menegaskan, polusi udara ini menjadi perhatian penting dunia internasional. Ke depan, ini mesti mendapatkan perhatian pemerintah dalam pengembangan pariwisata ke depan.(kup)