Anggur Prabu Bestari Dikembangkan di Kalisada Seririt

64

Singaraja (Bisnis Bali) – Buah anggur merupakan varietas buah lokal yang dibudidayakan di Kabupaten Buleleng sekaligus menjadikan iconnya Buleleng akan berbagai varietas anggur. Selain anggur hitam, terdapat beragam varietas anggur dibudidayakan petani di Buleleng seperti anggur hijau.

Kabupaten Buleleng yang dikenal sebagai penghasil anggur terbesar di Bali, juga dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik tradisional dan modern. Namun, belakangan ini fakta di lapangan ditemukan seiring persaingan pasar, peminat buah lokal justru makin menurun dikarena serbuan berbagai macam buah impor.

Salah satunya adalah anggur merah (impor) yang belakang ini cenderung lebih memikat sebagian masyarakat. Meskipun dari segi harga, anggur merah tergolong mahal akan tetapi kualitas buah, baik dari segi rasa dan bentuk cukup bisa dibedakan dan tidak membuat masyarakat mengurungkan untuk lebih memilih buah anggur impor di tengah musim panen anggur lokal.

Menanggapi hal tersebut serta mengantisipasi harga serta peminat anggur lokal mengalami penurunan yang nantinya mengakibatkan petani merugi, sejumlah petani di Desa Kalisada, Kecamatan Seririt Buleleng melakukan sebuah inovasi baru dengan mengembangkan anggur “Prabu Bestari”. (ira)

BAGIKAN