Terpilihnya Donald Trump Pengaruhi Pariwisata Indonesia  

36

Denpasar (Bisnis Bali) – Pergantian pemerintahan di Amerika Serikat dipastikan akan berdampak pada kegiatan pariwisata di Indonesia. Dewan Pembina GIPI Bali, Bagus Sudibya, belum lama ini mengatakan, arah kebijakan Presiden AS, Donald Trump yang dinilai kontroversial bisa menyebabkan kunjungan wisatawan AS kemungkinan akan sedikit bergeser dari Indonesia.

Ia mengungkapkan, saat pemerintahan Presiden Barack Obama, kebijakan Amerika Serikat  mengarah pada demokratisasi, kesetaraan, liberalisasi ekonomi menguntungkan, hak asasi manusia, energi terbarukan menuju kemakmuran rakyat. Kini pandangan hidup masyarakat AS banyak dikoreksi Presiden Donald Trump yang baru terpilih memimpin Amerika.

Ia menjelaskan, Trump terkenal memiliki komentar kontroversial saat kampanye. Ia berjanji mendeportasi imigran, membangun tembok perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko, mencegah kaum Muslim masuk wilayah Amerika Serikat.

Trump juga mengatakan, akan mengevaluasi ulang perjanjian perdagangan yang merugikan AS. Banyak perjanjian merugikan Amerika dengan Cina akan ditinjau ulang. Kerja sama militer AS dengan Eropa Barat akan dibebankan ke Eropa Barat. Bahkan Trump mengancam akan “meninggalkan sekutu-sekutunya”. Pernyataan tersebut  tentunya membuat cemas komunitas global. (kup)