Nilai Jual Padi Organik lebih Tinggi

42

KESADARAN masyarakat untuk memilih bahan makanan yang berkualitas makin meningkat. Dengan demikian, produk organik yang bebas dari beragam bahan kimia berbahaya makin dicari, meski harga produk organik jauh lebih tinggi.

Tingginya nilai jual produk pertanian organik seharusnya menjadi peluang besar yang patut dilirik para petani. Namun saat ini belum banyak petani yang mau beralih ke pertanian organik, meski pemda terus mendengungkan Bali menuju pulau organik. Hal ini karena adanya isu yang beredar, bahwa dengan menggunakan pupuk organik hasil pertanian lebih rendah dari penggunaan pupuk kimia.

“Itu isu yang tidak benar. Buktinya dengan penggunaan pupuk organik dari lahan 1 hektar dapat dihasilkan 7-8 ton gabah. Sedangkan dengan pertanian konvensional hanya menghasilkan 5-6 ton gabah,” kata Adi Marhendra, Direktur Uma Bali Organik. Ini realita yang harus diketahui para petani di Bali sehingga mereka tidak ragu lagi untuk beralih ke pertanian organik. Pertanian organik ini  mampu mengembalikan dan memperbaiki struktur tanah yang sudah rusak akibat kelebihan penggunaan bahan kimia.  (pur)

BAGIKAN