Fraksi PDIP DPRD Badung Apresiasi Kerja Cerdas dan Inovatif Pemkab Badung

23

Mangupura (Bisnis Bali) – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Badung mengapresiasi kerja cerdas dan inovatif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung dalam mengelola anggaran. Kerja cerdas dan inovatif ini terlihat dari alokasi anggaran belanja langsung yang diarahkan untuk membiayai program dan kegiatan prioritas daerah.

Hal itu terkuak dalam pemandangan umum (PU) Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Badung pada Rapat Paripurna DPRD Badung, Jumat (11/11) lalu.

Dalam PU Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Badung yang dibacakan Ida Bagus Alit Arga Patra menyepakati rancangan penyesuaian terhadap Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2017. “Ini telah kita sepakati bersama dalam sebagai dokumen definitif,” katanya.

Dalam sidang tersebut, Alit Arga Patra juga menyampaikan, usul dan saran dalam membangun Badung sesuai dengan visi-misi serta implementasi pola pembangunan nasional semesta berencana. Di antaranya, mendorong UMKM yang ada di desa menjadi UMKM yang mandiri dan mampu berkembang di dalam menjaga pertumbuhan perekonomian pedesaan.

“Ke depan pemerintah agar bisa menjadikan akomodasi pariwisata yang ada di Kabupaten Badung sebagai galerinya produk-produk UMKM,” ungkapnya.

Di bidang kesehatan, Fraksi PDI Perjuangan juga meminta pemerintah memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, sehingga tidak menimbulkan keluhan-keluhan di masyarakat. Selain itu, terkait dengan sistem manajemen terhadap pelayanan masyarakat juga harus lebih profesional. “Sarana dan prasarana di masing-masing puskesmas dan puskesmas pembantu perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Tak kalah penting, Fraksi PDI Perjuangan mengingatkan pemerintah makin memperhatikan konsep pembangunan berkelanjutan yang berorientasi pada lingkungan menuju Badung yang go green. Sebab, isu pencemaran terhadap lingkungan akibat limbah sangat rentan terhadap citra pariwisata.

Mengingat makin banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Bali, khususnya Kabupaten Badung, Alit Arga Patra memandang perlu untuk membuat objek wisata atau daerah tujuan wisata baru.

“Seperti pantai Melasti di Desa Ungasan agar mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah, dan makin cepat mewujudkan desa wisata yang ada di semua kecamatan sebagai destinasi wisata baru,” pungkasnya. (sar/)

BAGIKAN