Berbasis GPS, BI Informasikan ”Money Changer” Berizin di Bali  

59

Denpasar (Bisnis Bali) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali menawarkan inovasi terbaru yaitu aplikasi berbasis global positioning system (GPS) terkait keberadaan tempat penukaran valuta asing atau money changer berizin. Itu berarti wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Bali kini tidak perlu bingung untuk mencari pedagang valuta asing atau kini menjadi kegiatan usaha penukaran valuta asing (KUPVA) nonbank yang legal di Pulau Dewata.

Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana di Renon, Minggu (13/11) kemarin menjelaskan, satu lagi inovasi BI Bali yaitu SIKUPVA (sistem informasi kegiatan usaha penukaran valuta asing). Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat atau wisatawan untuk mendapatkan informasi tempat penukaran mata uang asing bukan bank yang berizin dari BI.

“Dengan mengklik www.balimoneychanger.com, masyarakat maupun visitor akan mendapatkan informasi di mana saja money changer berizin terdekat karena berbasis GPS, termasuk lengkap dengan alamat serta nomor kontak,” katanya.

Pak Cik biasa ia disapa mengajak dengan aplikasi ini mari menjaga citra pariwisata Indonesia dengan menukarkan valas ke KUPVA berizin. Ia pun berharap KUPVA yang belum berizin agar segera mengurus perizinanan agar perdagangan valuta asing benar dan tidak merugikan konsumen.(dik)

BAGIKAN