Permintaan Tinggi Petani Asparagus belum Mampu Ekspor  

41

ASPARAGUS merupakan jenis sayuran yang tumbuh di dataran tinggi. Rebung asparagus kerap dimanfaatkan sebagai sop, yang ditawarkan di restoran mewah. Kandungan gizi yang tinggi membuat asparagus memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Asparagus merupakan sumber nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein penting. Asparagus kaya akan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B-6, folat, C, E (alfa-tokoferol) dan K (phylloquinone). Mineral yang terkandung dalam asparagus seperti zat besi, kalsium, posfor, magnesium, mangan, seng, selenium dan potasium. Asparagus sangat rendah kalori tanpa kolesterol dan juga rendah natrium, serta kaya serat penting bagi tubuh.

Dengan begitu, manfaat asparagus bagi kesehatan sangat banyak, seperti untuk meningkatkan kesuburan, membantu mengatasi kanker, diabetes, katarak, rematik, TBC,  penyakit neurodegenerative dan kejang-kejang. Manfaat lainnya dari asparagus yaitu dapat mengurangi infeksi saluran kemih dan kolesterol dalam darah, meningkatkan kesehatan pencernaan dan baik dikonsumsi selama kehamilan. Asparagus juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung.(pur)

BAGIKAN