BNI dan Kodam IX/Udayana Kerja Sama Penyediaan Layanan Perbankan  

28

Denpasar (Bisnis Bali) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI dan Kodam IX/Udayana telah menyepakati kerja sama terkait penyediaan layanan perbankan. Kerja sama ini ditandai dengan dengan penandatanganan kerja sama (PKS).

PKS ditandatangani Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, MDA. dengan Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali, NTB & NTT AAG. Agung Dharmawan dengan disaksikan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan Adi Sulistyowati,  bertempat di Kodam IX/Udayana, Kamis (10/11) kemarin.

Agung Dharmawan mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu komitmen BNI dalam memberikan layanan perbankan secara terpadu untuk kebutuhan transaksi keuangan di lingkungan Kodam IX/Udayana.

Dalam kerja sama ini, BNI akan menyediakan layanan perbankan untuk pembayaran tunjangan kinerja para anggota TNI di lingkungan Kodam IX/Udayana. Pembayaran tunjangan kinerja tersebut akan disalurkan melalui rekening perorangan yaitu BNI Tappa (Taplus Pegawai) dengan dilengkapi kartu debit.

“Sebagai lembaga keuangan yang telah  berpengalaman selama 7 dekade di bidang finansial, BNI memiliki berbagai produk dan layanan yang dapat mempermudah pengelolaan keuangan Kodam IX/Udayana serta sekaligus memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan seluruh anggota TNI dan PNS di Kodam IX/Udayana,” ungkapnya.

Untuk memfasilitasi kebutuhan pribadi para anggota TNI dan PNS di Kodam IX/Udayana, BNI memiliki berbagai jenis produk yang dapat digunakan, seperti Tabungan Pensiun (BNI Simponi), Tabungan Perencanaan (BNI Tapenas), Kredit Kepemilikan Rumah (BNI Griya), dan lainnya. Lebih dari itu,

Para anggota TNI juga dapat memanfaatkan fasilitas e-banking (BNI SMS banking, BNI internet banking, BNI ATM, BNI mobile banking serta BNI phone banking) untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah, seperti transaksi pembelian (pulsa, listrik, tiket, dan lainnya) serta berbagai transaksi pembayaran lainnya.

Diterangkan, kerja sama antara BNI Kantor Wilayah Bali, NTB & NTT dengan Kodam IX/Udayana tersebut merupakan kelanjutan dari bentuk sinergi yang telah terjalin sebelumnya di berbagai bidang, seperti dalam kegiatan penghijauan, pembangunan sarana umum, dan lainnya, baik di daerah pedesaan maupun wilayah perbatasan. Sinergi antara BNI dan Kodam IX/Udayana ke depannya akan makin menguat. Kerja sama kedua belah pihak telah berjalan secara berkesinambungan dan saling menguntungkan.

Mayjen TNI Kustanto mengatakan, Kodam XI Udayana dengan PT BNI (Persero) wilayah Denpasar adalah kerja sama penyaluran dan penyimpanan anggaran tunjangan kinerja prajurit Kodam XI Udayana. Maksud dari kerja sama ini adalah ingin mendidik para prajurit untuk lebih bisa mengoptimalkan dukungan kesejahteraan dari pemerintah ini kepada kegiatan-kegiatan yang produktif, bermanfaat, tidak semata-mata untuk konsumtif.

“Di samping tentunya melalui kerja sama ini kami ingin meningkatkan kemitraan dengan BNI yang selama ini sudah terjalin,” katanya.

Harapannya berbagai kegiatan-kegiatan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di wilayah Bali-Nusra bisa dikerjasamakan dengan TNI yang juga memiliki tugas untuk memberdayakan wilayah pertahanan.

Sementara itu Adi Sulistyowati menjelaskan, bank BUMN tersebut akan membantu pengelolaan keuangan para prajurit sekaligus mengedukasi pengelolaan keuangan mereka untuk jangka panjang salah satunya dalam bentuk tabungan. Bank juga memberikan peluang lebih besar kepada prajurit yang ingin berinvestasi karena pembayaran tunjangan kinerja tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu syarat atau jaminan memperoleh kredit investasi misalnya kredit kepemilikan rumah.

Selain uangnya dikelola, imbuhnya, nanti ada pilihan investasi yang tepat dari tunjangan kinerja ini sehingga bisa dioptimalkan salah satunya untuk investasi rumah. Jadi uang itu tidak habis hanya untuk konsumtif. (dik/)

BAGIKAN