Plt. Bupati Buleleng Diminta Jalin Hubungan Harmonis

48

Denpasar (Bisnis Bali) – Untuk melancarkan proses pilkada di Kabupaten Buleleng, Bupati Buleleng yang kembali mengikuti pilkada diganti dengan pelaksana tugas (plt). Gubernur Bali Made Mangku Pastika secara resmi melantik Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si. sebagai plt. Bupati Buleleng, Selasa (8/11) di Gedung Wiswa Sabha  Kantor Gubernur Bali. Bupati beserta Wakil Bupati Buleleng melaksanakan cuti untuk mengikuti kampanye pada pilkada di Buleleng pada tahun 2017 mendatang.

Jabatan pelaksana tugas, menurut Gubernur Pastika, memang sangat singkat. Namun sangat strategis dalam meletakkan fondasi penyelenggaraan pemerintahan serta menjaga situasi aman dan kondusif sehingga kondisi perekonomian tetap terjaga. Untuk itu, Pastika berpesan agar pelaksana tugas  benar-benar memahami tugas dan wewenang serta kewajiban kepala daerah. Ia juga mengimbau pelaksana tugas agar menjalin hubungan yang harmonis dengan DPRD karena sesuai undang-undang memiliki kedudukan setara dan mempunyai hubungan kerja yang bersifat kemitraan. Bisa menjalin hubungan yang konstruktif dan hirarkhis dengan pemerintah provinsi agar terbangun sebuah manajemen pembangunan daerah Bali yang terintegrasi serta dalam memfasilitasi pelaksanaan pemilukada bisa mengoptimalisasikan koordinasi dan mengefektifkan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan, seperti KPUD, Panwaslu, unsur TNI/Polri, serta dengan pemuka masyarakat dan pemuka agama.
Tak kalah penting, pelaksana tugas pun diharapkan mampu menjaga netralitas pegawai negeri sipil. “Pesan saya cuma itu. Kalau semuanya bisa dijalankan dengan baik, saya yakin semuanya akan lancar-lancar saja dan sukses,” pungkas Pastika. (pur)

BAGIKAN