Pemangkasan, Jaga Kualitas Jambu Kristal  

91

JAMBU kristal dengan keunggulan tanpa biji dan rasa yang manis, membuat banyak orang menyukainya ketimbang jambu biasa yang banyak bijinya. Dengan begitu, permintaan jambu kristal cukup tinggi, termasuk untuk memenuhi kebutuhan hotel.
Saat ini budi daya jambu kristal sudah mulai dilirik, meski belum begitu banyak petani yang melakukannya. Seperti di Subak Celuk, Gianyar dan di Bali bagian barat yang dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan hotel.

“Permintaan hotel cukup tinggi terhadap jambu kristal yang disajikan kepada wisatawan. Dengan begitu, prospek budi daya jambu kristal sangat bagus,” kata Kepala Stasiun Percobaan dan Inkubator Bisnis Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa, Ir. Ketut Agung Sudewa, M.Si.

Budi daya jambu kristal dari bibit vegetatif, baik itu cangkokan maupun tempelan sudah dapat berbuah pada umur 7 bulan. Tahun pertama perkiraan produksi 10-15 kg per tanaman. Produksi akan meningkat dua kali lipat pada tahun berikutnya. Dengan harga di pasaran Rp15 ribu untuk kualitas buah terendah dan Rp 25 ribu per kilogram untuk kualitas paling bagus. Kualitas bagus per kilogram naik 2-3 buah saja. (pur)

BAGIKAN