Nutrisi Komplit Budi Daya Labu Botol Janjikan Untung Besar  

86

LABU botol yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai diminati kalangan menengah ke atas. Labu ini bisa ditemukan di supermarket dan di toko makanan sehat. Dibandingkan dengan labu biasa, nutrisi dalam labu botol lebih komplit, dari segi tekstur lebih lembut dan dari segi rasa lebih manis.

Mulai diminatinya labu botol membuat tanaman sayuran dari Cina ini menjadi sangat prospektif untuk dikembangkan di Bali. “Prospek budi daya labu botol sangat besar dan menjanjikan keuntungan besar. Namun untuk memperoleh bibitnya masih sulit,” kata dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Ni Wayan Sri Sutari, S.P., M.P.
Lebih lanjut Sri Sutari mengatakan dari kebun percobaan Fakultas Pertanian Unud, telah dikembangkan labu botol, dan permintaan bibit sangat luar biasa.

Dari segi budidaya dan proses perawatan, hampir sama dengan budi daya melon. Ketersediaan air sangat penting, karena kekurangan atau kelebihan air akan berdampak buruk pada tanaman. Sementara terkait hama yang biasanya menyerang juga sama dengan melon yaitu lalat buah.  (pur)

BAGIKAN