Wayan Kusumawathi Dampingi Pedagang

37

PERHELATAN pasar lelang yang dimotori pemerintah Bali melalui  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bali di gelar tiap tahun  bertujuan mendampingi para pedagang (produsen) saat melakukan penentuan harga agar mempunyai posisi tawar.

Saat berhadapan dengan pembeli atau pengusaha mereka tak sekadar mematok target realisasi transaksi karena harus sesuai tujuan dari pasar lelang yang sebenarnya.
”Kami memang tidak mematok nilai nominal transaksi yang tercapai, tapi lebih menjaga harga yang sesuai antara petani dan pedagang besar. Jadi lebih bersifat ke pendampingan,” tegas Kadis Perindag Bali, Dra. Ni Wayan Kusumawathi, S.H., di sela-sela Pasar Lelang Forward Komoditi Agro baru-baru ini di Denpasar.

Kusumawathi menjelaskan selama ini pasar lelang forward komoditi agro selain bertujuan sebagai instrument menjaga kestabilan harga dari pertemuan langsung antara petani dengan pembeli, juga tercapainya kepastian dan transparansi harga. Sehingga efeknya bagi petani setelah mendapatkan kepastian harga komoditi awal adalah lebih terkonsentrasi pada mutu produk sesuai dengan harapan pedagang.(sta)

BAGIKAN