Rangkaian HUT Ke-32 LPD Bali, Diisi Kegiatan Persembahyangan di Nusa Penida

32

Klungkung (Bisnis Bali) – Serangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Bali,  Sabtu (5/11) – Minggu (6/11) dilaksanakan kegiatan persembahyangan bersama di Pura Batumedau, Nusa Penida. Ini dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman pohon kelapa gading  di sekitar areal pura dan ngaturang dana punia kepada pangempon pura.

Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-32 LPD Bali, I Nyoman Sudarma, S.E., mengatakan kegiatan persembahyangan di Nusa Penida ini dihadiri hampir 500 orang peserta. Puncak acara HUT ke-32 LPD Bali akan berlangsung Minggu (27/11) di Klungkung.

Setelah di Pura Batumedau, rangkaian kegiatan HUT LPD Bali siang hari dilanjutkan menengok salah satu penerima rehab rumah di Banjar Sebunibus, Desa Dinas Sakti, Nusa Penida serta kunjungan ke LPD Desa Adat Sebunibus.

Setelah istirahat makan siang rombongan perwakilan LPD seluruh Bali dan Lembaga Pemberdayaan LPD (LPLPD) Bali melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Dalem Ped.

Sehabis persembahyangan bersama dilanjutkan dengan darma wecana dengan tema Konsep Pelaksanaan Catur Purusa  Arta Dalam Pengelolaan LPD Bali   dengan menghadirkan narasumber Pinandita Drs. I Ketut Pasek Swastika yang juga Wakil Ketua PHDI Provinsi Bali.

Koordinator LPD Kecamatan Nusa Penida, I Ketut Sugara menyambut rombongan dengan antusias serta meminta maaf bila hal yang kurang berkenan dalam penyambutan dan selama rangkaian pelaksanaan persembahyangan di Nusa Penida.

Ia juga berharap agar pegawai dan karyawan LPD Seluruh Bali bisa tetap melakukan tirtayatra ke Pura Dalam Ped Nusa Penida di kemudian hari.

Ketua LPLPD Provinsi Bali I Nyoman Arnaya, S.E, mengatakan ikut dalam kegiatan persembahyangan di Nusa Penida bersama 65 orang karyawan LPLPD Seluruh Bali. LPLPD Bali menyambut baik kegiatan persembahyangan di Nusa Penida serangkaian HUT ke-32 LPD Bali.

Nyoman Arnaya berharap momentum HUT ke-32 LPD Bali menjadi tonggak kebangkitan persatuan dan kebersamaan LPD Bali di tengah tantangan ekternal yang ada selama ini.

” Ayo tingkatkan kekompakan dan kita tunjukan bahwa LPD Bali mampu menjadi pioner dalam pengembangan ekonomi kerakyatan ,” ucapnya.

Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, mengatakan menyambut baik rangkaian kegiatan HUT LPD Bali di Nusa Penida yang dilakukan sesuai dengan konsep Tri Hita Karana (THK)

Cendikiawan menambahkan Pasca diberlakukannya UU No 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro sikap BKS LPD Bali sangat jelas yakni mengharap agar pengelolaan LPD di Bali tetap mengacu pada Perda dan Pergub. Beberapa pasal Perda LPD direvisi agar karakteristik LPD Bali tetap terjaga. (kup/)

BAGIKAN