Penyelesaian Kejahatan Perbankan Tidak Puas, Nasabah bisa Laporkan Tertulis ke OJK  

31

Denpasar (Bisnis Bali) – Kasus hilangnya dana dalam rekening nasabah sebagaimana diberitakan terjadi di wilayah Bali, dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebenarnya sudah ada standar operasional penanganan kasus sebagaimana diatur dalam SE OJK No. 2 SE.OJK07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

“Prinsipnya nasabah yang memiliki keluhan dan merasa dirugikan harus melakukan pengaduan diikuti dengan bukti-bukti kepada bank atau PUJK di mana rekening nasabah terdaftar,” kata Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional 8 Bali-Nusa Tenggara, Nasirwan Ilyas di Renon, Minggu (6/11) kemarin.

Menurutnya, bank atau PUJK wajib mendokumentasikan dan menindaklanjuti keluhan/pengaduan nasabah dalam batas waktu tertentu.  Untuk itu, OJK berharap proses penyelesaian keluhan dan pengaduan nasabah dapat tuntas pada tahap ini.

“Apabila nasabah merasa bank/PUJK tidak memberikan solusi permasalahan secara memuaskan, nasabah bisa mengeskalasi permasalahan dengan melaporkan secara tertulis kepada OJK,” tegasnya. (dik)

 

BAGIKAN