Bermanfaat Kesehatan Labu Botol belum Dikembangkan di Bali  

73

LABU merupakan jenis sayuran yang berasal dari tanaman rambat dan mempunyai jenis yang bermacam. Labu mempunyai banyak jenis di antaranya labu kuning, labu air, labu botol, serta labu siam. Labu mempunyai rasa yang manis, renyah, serta memberi kesegaran.

Selain dimanfaatkan untuk sayuran, labu biasa dimanfaatkan untuk beragam olahan makanan. Mulai dari kue tradisional seperti sumping waluh, hingga puding labu, bolu dan donat labu. Hal ini mengakibatkan kebutuhan labu cukup tinggi di Bali, apalagi saat hari raya, konsumsi labu  akan meningkat untuk pembuatan kue.

“Dari  beragam jenis labu, labu botol mempunyai manfaat lebih untuk memelihara kesehatan badan serta efisien menurunkan berat tubuh. Labu botol juga memiliki rasa yang lebih manis dari labu bisa serta daya tahan lebih dari 2 minggu disimpan di tempat sejuk,” kata dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Ni Wayan Sri Sutari, S.P., M.P. Labu botol kaya akan antioksidan dan memiliki banyak zat gizi seperti vitamin A, betakaroten, rendah lemak, tinggi seratnya, serta tidak memiliki kandungan kolesterol. Vitamin C serta antioksidan yang ada dalam labu botol bagus untuk kesehatan jantung.
Air serta serat yang ada pada sayuran termasuk juga labu botol berperan untuk memperlancar sistem pencernaan. Permasalahan pencernaan sebagaimana sembelit juga tidak bakal berlangsung bila Anda kerap mengkonsumsi labu botol. Kandungan serat yang tinggi sangat cocok untuk mereka yang melakukan program diet karena bakal menjadikan perut kenyang lebih lama. (pur)

BAGIKAN