Pariwisata Budaya Miliki Nilai Tinggi 

52
kup BUDAYA - Pelaku pariwisata di Bali harus mendorong wisatawan untuk mengenal kehidupan dan budaya Bali.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata Bali memiliki budaya yang memiliki nilai dan daya saing yang sangat tinggi, sehingga sangat perlu dilestarikan. Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma, Kamis (3/11) mengatakan, ketika sudah memilih Bali, wisatawan mancanegara (wisman) seperi dari pasar MICE tidak bisa dipaksa mengunjungi 10 Bali baru atau 10 destinasi yang fokus dikembangkan di Indonesia.

Ia mengungkapkan, wisatawan incentive memiliki karakter tersendiri. Mereka memilih tempat yang mereka sukai. Untuk kegiatan MICE di Indonesia, wisatawan MICE khususnya incentive lebih memilih Bali. Pasar MICE ini mesti digarap secara optimal karena memberikan kontribusi besar pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia.

Ia menjelaskan, kawasan 10 Bali baru yang fokus dikembangkan Indonesia, memang belum begitu dikenal oleh pasar MICE. Ini tentunya wisatawan MICE tidak bisa dipaksakan dibawa ke tempat lain termasuk ke-10 kawasan Bali baru tersebut.

Dipaparkannya, pengembangan 10 kawasan baru tersebut mesti diikuti dengan promosi. Dalam promosi bersama, tentunya Indonesia tidak akan memasarkan pariwisata Bali melainkan juga 10 kawasan pariwisata baru yang dikembangkan di Indonesia.   (kup)

BAGIKAN