LPDB harus Berperan Majukan Koperasi dan UKM  

50

Denpasar (Bisnis Bali) – Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) merupakan badan layanan umum (BLU) milik Kementerian Koperasi dan UKM RI. BLU LPDB ini dibentuk guna mendorong perkembangan koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

“Bahkan, menurut informasi saat terbentuknya LPDB akan memberikan pendampingan modal pada koperasi dan UKM yang belum bankable. Artinya, sasaran LPDB pada koperasi dan UKM yang kecil, pemula dan belum dikelola profesional, sehingga saat diluncurkan LPDB banyak harapan pengelola koperasi dan pelaku UMKM untuk dapat dorongan dan pendampingan permodalan, sehingga unit usahanya akan cepat berkembang. Namun kenyataannya, setelah LPDB beroperasi sampai sekarang banyak mengeluhkan sulitnya akses ke LPDB,” kata pengamat perkoperasian, Dr. I Putu Astawa, S.E., M.M., Rabu (2/11) di Denpasar.

Ia menambahkan, persyaratannya sangat sulit dan perlu waktu lama, serta permohonannya di Jakarta, sehingga bagi koperasi dan UMKM yang belum berpengalaman pergi ke Jakarta akan mendapatkan kesulitan.(sta)

BAGIKAN