Ditarget 20 Juta Wisatawan,  ”Cruise” pun Jadi Tumpuan

27
kup CRUISE - Pencapaian target 20 juta wisman ke Indonesia bisa mengoptimalkan potensi pasar wisata cruise. Kapal pesiar dan wisatawan cruise di Pelabuhan Benoa.

Pemerintah pusat sudah menargetkan kedatangan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia 2019 sehingga mesti ditopang dari berbagai jenis pasar pariwisata termasuk cruise. Sejauh mana pasar cruise mampu memberikan kontribusi pencapaian target 20 juta wisatawan?

PEMERINTAH Jokowi-JK sudah menagetkan kunjungan wisman ke Indonesia 2019. Ini artinya departemen/kementerian terkait mesti memberikan kemudahan aturan yang memudahkan pasar cruise berlibur ke Indonesia. Kemudahan aturan dan kebijakan pemerintah akan memudahkan masuknya kapal pesiar dunia masuk ke kawasan perairan Indonesia.

Tim Percepatan Wisata Cruise Menko Maritim, IB Surakusuma mengatakan, Bali dan Pulau Komodo memang menjadi daya tarik utama kapal pesiar untuk memasuki rute ke Indonesia. Di Bali, kapal pesiar ini bisa berlabuh di Tanah Ampo, Benoa, Celukan Bawang, atau Padangbai. Pemerintah perlu melihat lebih dalam penggarapan cruise dengan tidak hanya melihat potensi daya tarik Bali melainkan seluruh daya tarik yang dimiliki Indonesia. Animo kapal pesiar ke Bali tentu sangat tinggi tetapi tetap harus melalui beberapa pelabuhan di jalur perairan di Indonesia.

Rute kapal pesiar  ke Bali bisa melalui rute hongkong-Filipina-masuk perairan Indoensia-Makassar (Toraja)-Pulau Komodo-Bali-Surabaya-Semarang-Pulau Seribu-Singapura. Rute lain, Singapura-Pulau Seribu-Semarang- Bali-Komodo-Makassar naik Manado ke Hongkong melalui Filipina. Selain kapal pesiar juga terdapat kapal ekspedisi dari Singapura termasuk Australia dengan rute khusus ke Tanjung Puting Kalimantan untuk melihat orang hutan.(kup)

BAGIKAN