Bali tetap Eksis dengan Pariwisata Budaya

36
BERLIBUR - Wisatawan berlibur ke Bali ingin menyaksikan kehidupan dan budaya Bali.  

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah telah memfokuskan pengembangan 10 Bali baru untuk menopang pencapaian target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia 2019. Dewan Pembina GIPI Bali, Bagus Sudibya Rabu (2/11) mengatakan, pengembangan 10 kawasan pariwisata Indonesia bukan merupakan ancaman bagi Bali karena pariwisata Bali telah mengembangkan pariwisata budaya yang sudah dikenal pasar mancanegara.

Ia mengungkapkan, jika Bali sudah bisa berbenah pengembangan 10 Bali baru bukan menjadi ancaman bagi pariwisata Bali. Bali sudah dikenal sangat unik dengan pariwisata budaya. Pengembangan pariwisata budaya ini berlanjut dari dulu dan sudah dikenal dunia mancanegara sampai sekarang.

Ia menjelaskan, tingginya tingkat persaingan pariwisata, mendorong budaya luar mempengaruhi kehidupan masyarakat Bali. Ini akan menjadi ancaman ada upaya mengubah paradigma pariwisata budaya yang telah berkembang di Bali. “Upaya mengubah paradigma pariwisata budaya Bali menjadi paradigma pariwisata lain maka akan menjadi ancaman penurunan pada pariwisata Bali,” katanya.(kup)

BAGIKAN