Gede Kasna Dorong Sertifikasi  

69

HIMPUNAN Pramuwisata Indonesia (HPI) bagian dari stakeholder Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali akan berkoordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ketua DPD HPI Bali, Gede Kasna mengatakan, HPI akan berkoordinasi dalam hal perbaikan infrastruktur maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya tenaga pramuwisata.

Ia mengatakan, infrastruktur di Bali yang harus dibenahi meliputi jalan-jalan dan lingkungan termasuk di objek wisata, sehingga menjadi asri dan bersih. Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pariwisata Bali harus mempersiapkan SDM berkualitas. Persaingan sangat ketat di era MEA, pekerja pariwisata khususnya pramuwisata wajib tersertifikasi.

Mantan Sekretaris DPD HPI ini menjelaskan, hal ini tantangan bagi masyarakat lokal, sehingga tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri. Ini dikarenakan, pekerja pariwisata Bali merasa selalu berada zona nyaman. “Jika pramuwisata tidak mau belajar termasuk mengikuti sertifikasi maka akan kalah bersaing,” katanya.

Dipaparkannya, jumlah pramuwisata yang terdata di HPI Bali baru setengah yang melalui proses uji kompetensi. HPI mengharapkan bantuan anggaran sertifikasi untuk pramuwisata, sehingga pramuwisata di Bali khususnya bisa bersaing di era MEA. “Jika tidak ada anggaran pemerintah, pramuwisata mau tidak mau harus melalui proses uji kompetensi secara mandiri,” katanya.(kup)

BAGIKAN