DPK Perbarindo Badung Gelar Kegiatan Edukasi di SMU Negeri 2 Mengwi  

32
LITERASI - BPR angggota Perbarindo Badung foto bersama di sela-sela acara edukasi dan literasi keuangan di SMU Negeri 2 Mengwi, Jumat (28/10).

Mangupura (Bisnis Bali) – DPK Perbarindo Badung melaksanakan kegiatan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat, Jumat (28/10). Kegiatan edukasi dan literasi berlangsung di SMU Negeri 2 Mengwi diikuti 53 BPR anggota di DPK Perbarindo Kabupaten Badung.

Ketua DPK Perbarindo Badung, Agus Prima Wardana mengatakan, kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang berlangsung di SMU Negeri 2 Mengwi merupakan bagian kalender kegiatan DPK Perbarindo Badung 2016. Setiap 4 bulan sekali, Perbarindo Badung mengadakan kegiatan edukasi dan literasi keuangan menyasar masyarakat dan sekolah.

Ia menjelaskan, kegiatan edukasi dan literasi pertama dilaksanakan di Pasar Beringkit, selanjutnya di PPLP Dyana Pura, dan ketiga di SMUN 2 Mengwi.

Pada 2016, DPK Perbarindo Badung menyasar para siswa. Mereka diharapkan memahami lembaga keuangan termasuk perbankan yang ada di Bali.

Dipaparkannya, melalui kegiatan inklusi tersebut, Perbarindo Badung menargetkan masyarakat memahami apa itu OJK, lembaga keuangan dan perbankan. Khusus untuk pelajar, mereka diharapkan paham bagaimana pelayanan lembaga keuangan.  Para pelajar diharapkan bisa menjadi pengguna jasa keuangan yang baik.

Agus Prima Wardana menambahkan, kegiatan edukasi dan literasi di SMU Negeri 2 Mengwi diikuti anak-anak kelas IPS kurang lebih 100 orang dengan didampingi para guru. DPK Perbarindo Badung menyiapkan instruktur yang memberikan pemahaman terkait lembaga keuangan dan perbankan. Para pelajar diarahkan bisa mendiskusikan hal-hal berkaitan dengan lembaga keuangan dan perbankan.

Ketua panitia, AAN Sudiptha Panji mengatakan, kegiatan DPK Perbarindo Badung menjalankan amanah POJK 1/SEOJK.07/2014 terkait edukasi literasi keuangan. Perbarindo Badung berupaya mengambil peran aktif mencerdaskan pelajar SMU Negeri 2 Mengwi.

Peserta diberikan pemahaman lembaga jasa keuangan, bank dan non-bank.

Ia melihat  siswa SMUN 2 Mengwi sudah melakukan inisiatif bank mini. Ini embrio masyarakat sejak dini paham dan berperan aktif mengembangkan bank mini. Secara tidak langsung melalui bank mini dan BPR di DPK Perbarindo Badung akan mendekatkan masyarakat dengan akses ke lembaga keuangan.

Sudiptha Panji menegaskan, melalui edukasi dan literasi keuangan, masyarakat usia dini didorong untuk mengenal lembaga keuangan dan perbankan. Ini diwujudkan bertepatan Hari Sumpah Pemuda, DPK Perbarindo Badung mengajak 53 BPR di Badung melakukan acara edukasi dan literasi keuangan di SMUN 2 Mengwi.

Humas DPD Perbarindo Bali, Ketut Wardana selaku instruktur lebih banyak memberikan materi pengenalan jasa keuangan khusus BPR kepada anak SMU Negeri 2 Mengwi. Selanjutnya, para pelajar diarahkan untuk memanfaatkan jasa keuangan termasuk menabung di BPR. Setelah tamat, siswa di SMUN 2 Mengwi bisa memanfaatkan kredit modal kerja BPR di Kabupaten Badung. (kup/)

BAGIKAN