Mengwi Gelar Pitra dan Manusa Yadnya Masal Bupati Giri Prasta ”Mapunia” Rp100 Juta

35
ist MASAL - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung saat menghadiri upacara Memukur, mepandes dan mepetik masal, di wantilan Pura Dalem Mengwi, Rabu (26/10) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Masyarakat Desa Adat Mengwi yang terdiri atas 11 banjar melaksanakan upacara Memukur, Mepandes dan Mepetik masal yang merupakan program desa adat setiap tahun. Upacara ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Camat Mengwi IGN Jaya Saputra, Perbekel Mengwi I Nyoman Umbara, Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung dan tokoh masyarakat setempat, di Wantilan Pura Dalem Mengwi, Rabu (26/10) lalu.

Bendesa Adat Mengwi IB Anom mengatakan, pelaksanaan yadnya ini merupakan upacara pitra yadnya dan manusa yadnya. Pitra yadnya memukur yang diikuti 76 sekah, manusa yadnya mepetik diikuti 102 orang dan mepandes/mesanggih diikuti 121 orang. Dudonan upacara telah dimulai tanggal 10 Oktober sampai selesai pada 30 Oktober, pada tanggal 27 Oktober akan dilaksanakan upakara Ngelebok ke segara sekaligus Nyegara Gunung di Taman Ayun. Selanjutnya pada 28-30 Oktober akan budal soang-soang melinggih di pemerajan masing-masing. Adapun dana yang dihabiskan untuk melaksanakan upacara yadnya ini bersumber dari keuntungan LPD Desa Adat Mengwi. (sar)

BAGIKAN