Budi Daya Buah Lokal Jadi Program Prioritas

24

Denpasar (Bisnis Bali) – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Distan) Provinsi Bali, IB Wisnuardhana membantah kesan bahwa pemerintah minim mengedukasi pelaku sektor pertanian, khususnya buah lokal. Sebaliknya, Distan Bali justru menempatkan pemberdayaan buah lokal, termasuk juga pelaku usahanya sebagai program prioritas saat ini.
“Buah lokal ini sudah masuk menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Bali. Dengan begitu, perbaikan produksi maupun kualitas terus digenjot,” tutur Wisnuardhana, di Denpasar, Kamis (27/10) kemarin.

Menurutnya, di tengah mulai diliriknya buah lokal oleh sejumlah kalangan masyarakat, pihaknya terus berupaya memberdayakan buah lokal termasuk juga untuk bisa menjamin kontinuitas dari pasokan di pasaran. Distan Bali pun sudah mulai mengembangkan sejumlah varietas yang bernilai tinggi, khususnya pada komoditi yang paling banyak diserap oleh pasar.
Jelas Wisnuardhana, pengembangan varietas tersebut diadopsi dengan memilih bibit-bibit yang memiliki kualitas unggul. Di antaranya, pengembangan durian sangking, jeruk dekopon, hingga lengkeng. Katanya, program tersebut dibarengi dengan pendanaan hingga pendampingan ke para petani, khususnya di tempat atau daerah yang sekiranya masih memiliki potensi lahan. (man)

BAGIKAN