Segmen low cost gre en car(LCGC) kian bergairah di pasar nasional. Dari segi penjualan, segmen ini terus tumbuh dan persaingannya pun makin ketat. Bagaimana gambaran persaingannya?

LCGC menyasar pada konsumen pemula atau pemilik mobil pertama dan konsumen yang memiliki keterbatasan dana. Saat ini, ada tujuh model LCGC yang diniagakan di Tanah Air, yakni Toyota Agya dan Calya, Daihatsu Ayla dan Sigra, Honda BrioSatya, Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun GO Series.
Namun kini  agen pemegang merek Renault di Indonesia, PT Auto Euro Indonesia juga  mengenalkan mobil crossover berkapasitas lima penumpang, Kwid di Tanah Air.
Mobil berkapasitas mesin 999 CC itu dipasarkan dengan banderol Rp 117 jutaan yang berada di kisaran harga mobil-mobil yang mengikuti program pemerintah, yaitu kendaraan bermotor hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KBH2) atau lebih dikenal sebagai LCGC.
“Dengan senang hati kami menyatakan Kwid bukan LCGC, tetapi harganya kompetitif, merek Eropa dan satu-satunya crossover yang berada di kisaran harga itu,” kata Kepala Divisi Penjualan dan Pemasaran Renault Indonesia, Ario Soerjo.
Dengan banderol tersebut, Kwid bisa menjadi penantang mobil-mobil LCGC lima penumpang Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon, serta Datsun GO Panca.(aya)