Bali Menuju Koperasi Berkualitas

48

Denpasar (Bisnis Bali) – Pada 2017 yang akan datang dijadikan momen penting perkembangan koperasi di Bali. Pemerintah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota berkomitmen menjadikan 2017 yang akan datang sebagai tonggak koperasi berkualitas.

“Salah satu strategi yang sudah dilakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengelola koperasi. Untuk 2017 akan digenjot agar semua ketua pengurus koperasi atau manajer sudah mengantongi sertifikat uji kompetensi,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bali, I Dewa Nyoman Patra, S.H., M.H., yang didampingi Kabid Bina Lembaga Koperasi, I Gede Indra, S.E., M.M., Senin (24/10) di Denpasar.

Dewa Patra menegaskan, saat ini sedang dilakukan kajian pengelola koperasi, khususnya manajer atau ketua pengurus yang sudah memegang sertifikat uji kompetensi. Pihaknya baru memperkirakan ada 1.000 manajer atau pengelola koperasi yang sudah kompeten. Oleh karena itu, dari jumlah koperasi di Bali yang aktif sekita 4.405 sudah sekitar 25 persen yang dikelola oleh SDM yang mumpuni. Artinya, manajer/pengelola yang sudah bersertifikasi kompetensi sudah memiliki standar dalam mengelola manajemen koperasi. Oleh karena itu, koperasi yang sudah dikelola SDM kompetensi, akan kelihatan koperasi cepat berkembang.(sta)