Kebaya Bordir Tembakan Ramaikan Pasar   ‪

149

DUNIA fashion belakangan diramaikan produk tembakan atau KW. Kondisi perekonomian yang belum stabil, tampaknya menjadi salah satu alasan semakin maraknya barang tembakan beredar di pasaran.

Tidak hanya produk endek dan songket yang diserbu produk tembakan. Namun kebaya bordir saat ini juga mulai diserbu produk tembakan. Seperti yang diungkapkan Dian Permata Sari, pemilik Metro Kebaya Butik. “Belakangan banyak produk kebaya bordir yang beredar tembakannya. Sebagian besar kebaya bordir semi, sedangkan yang fullker tidak ada yang KW,”  tuturnya. Kalau motif kebaya semi yang banyak peminatnya, pasti setelah itu ada keluar yang tembakan.

“Tapi dari segi tampilan sangat mudah membedakan antara yang asli dengan tembakan. Secara kasat mata terlihat jelas, sehingga konsumen tidak akan tertipu,” katanya. Misalnya, dari segi bentuk bordiran terlihat jelas, kalau yang tembakan sangat kasar dan bentuknya yang tidak sempurna. Selain itu, dari segi warna juga tidak secerah kebaya yang asli.

Pemilik butik di bilangan jalan Merpati, Monang Maning, Denpasar ini mengakui, dari segi harga memang sangat jauh berbeda. “Selisih harga mulai Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribuan, jadi sangat signifikan. Namun sesuai dengan kualitasnya,” tukasnya. (pur)