Haturkan Punia Rp 100 Juta Bupati Hadiri Karya Panca Wali Krama di Pura Hulundanu Batur

65
ist PUNIA - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan punia serangkaian Karya Panca Wali Krama di Pura Ulundanu Batur, Sabtu (22/10).

Mangupura (Bisnis Bali) – Serangkaian Karya Panca Wali Krama di Pura Hulundanu Batur, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta  bersama ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung Ny. Kompyang Swandika, Sabtu (22/10) lalu melakukan persembahyangan di pura tersebut. Dalam persembahyangan yang dilakukan pada hari itu, juga dihadiri oleh Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti dan Bupati Bangli Made Gianyar.

Selain melakukan persembahyangan Bupati Giri Pasrta juga sempat menghaturkan punia terkait karya yang sedang berjalan saat ini. Mewakili Pemerintah Kabupaten Badung, Giri Prasta menghaturkan punia Rp 100 juta dan diterima oleh Ketua Panitia Karya, Jro Lanang didampingi  Sekretaris  Panitia, I Gede Kariawan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta mengatakan, upacara Panca Wali Krama sebagai wujud sembah bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang telah memberikan anugerahnya kepada umat. “Kami Pemerintah Kabupaten Badung, siap bersinergi dengan kabupaten lain di Bali, seperti Tabanan dan Bangli untuk mewujudkan krama Bali Santhi (KBS),” katanya.

Kita berkomitmen membangun Bali dari Badung, salah satunya dengan mengalokasikan penerimaan dari pajak hotel dan restoran (PHR) kepada enam kabupaten lain.

Sementara itu, Jro Lanang menjelaskan, puncak karya  Panca Wali Krama di Pura Hulundanu Batur telah dilaksankan pada Saniscara Pon Pahang atau pada 15 Oktober 2016. Sementara untuk upacara  Tawur Manca Wali Krama telah dilaksanakan pada  Wraspati Umanis Pahang atau  tanggal 13 Oktober 2016.  “Saat ini (kemarin-red) sudah dilakukan kegiatan  makebat don, nyenukin, ngebekin lan resi bojana. Sedangkan  penyineban akan dilakukan  pada Sukra Umanis Merakih  tanggal 28 Oktober 2016 dan pada 29 Oktober 2016 dilaksanakan upacara ngayut, mapawilangan lan guru piduka,” ujarnya. *sar/*

BAGIKAN