Bank BPD Cabang Badung Gelar Inklusi Keuangan di Pasar Kuwum Sari Kerobokan Kelod

102
  dik INKLUSI - Kegiatan inklusi keuangan Bank BPD Bali Cabang Badung di Pasar Swadaya Kuwum Sari di Br. Semer Kerobokan Kelod Kuta Utara.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bank BPD Bali Cabang Badung, Minggu (23/10) kemarin, menggelar inklusi keuangan di Pasar Swadaya Kuwum Sari, Br. Semer Kerobokan Kelod, Kuta Utara. Pasar ini dipilih sebagai tempat kegiatan inklusi keuangan karena selain tempatnya yang strategis yaitu daerah pariwisata yang sedang berkembang di Kuta Utara, pasar ini juga memiliki cukup banyak pedagang untuk diedukasi.

“Ada 90 jumlah pedagang terdiri atas kios dan los yang akan mendapatkan inklusi keuangan, selain juga menyasar masyarakat umum,” kata Wakil Kepala Cabang Bank BPD Cabang Badung, Dewa Putu Sukadana, S.H., didampingi Kepala Pasar Swadaya Kuwum Sari I Nengah Sana, Kasi DJA Bank BPD Cabang Badung Ni Kadek Sri Wahyuni, Kepala Capem Legian Ni Ketut Sugesni dan Kepala Capem Tegalbuah Ni Wayan Retno Wulandari.

Dewa Sukadana menjelaskan, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi mengenai lembaga keuangan khususnya perbankan serta dapat meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap Bank BPD Bali sehingga bank milik krama Bali ini tetap ada di hati masyarakat.

Ia mengatakan, selama Oktober 2016 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginiasi kegiatan inklusi keuangan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh industri jasa keuangan di seluruh regional kantor OJK dengan tema “Melalui Kegiatan Inklusi Keuangan, Kita Wujudkan Akses Keuangan yang lebih Luas untuk Semua Golongan Masyarakat”. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memperkenalkan beragam pilihan produk dan jasa keuangan yang tersedia di industri jasa keuangan, menjadi sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman guna memilih dan menggunakan produk jasa keuangan serta mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan akses keuangan masyarakat.

Kegiatan inklusi keuangan ini, kata Dewa Sukadana, juga dirangkaikan dengan kegiatan cinta pasar. Kegiatan  tersebut merupakan agenda rutin Bank BPD Bali Cabang Badung setiap triwulan. Selain edukasi mengenai industri jasa keuangan, produk-produk dana dan jasa serta kredit milik Bank BPD Bali akan diperkenalkan ke pedagang pasar. Produk-produk tersebut antara lain Tabungan Sibapa. Simpeda, Tabunganku, THT Bali Dwipa, layanan mobile banking, kredit pasar, KUR dan produk-produk lainnya akan diperkenalkan melalui pembagian brosur, pemasangan spanduk, penyampaian oleh MC serta penjelasan langsung ke pedagang oleh karyawan dan karyawati Bank BPD Bali Cabang Badung.

“Harapannya, pedagang dapat lebih mengenal produk dan jasa keuangan khususnya bank dan juga memahami serta menggunakan produk-produk dana dan jasa serta kredit milik Bank BPD Bali,” ujarnya.

Dalam kegiatan inklusi keuangan sekaligus cinta pasar ini diserahkan secara langsung dua unit bak sampah ukuran 240 Lt ditunjukkan kepada Kepala Pasar. Untuk memeriahkan acara ada pengundian door prize berupa barang-barang elektronik dan paket sembako untuk pedagang yang sudah memiliki rekening di Bank BPD Bali. Untuk pedagang atau pun masyarakat yang membuka rekening di Bank BPD Bali pada acara tersebut langsung diberikan hadiah menarik.

“Ke depannya melalui kegiatan ini diharapkan pedagang di Pasar Kuwum Sari dan masyarakat dapat mempercayakan keuangan kepada industri jasa keuangan seperti bank umum, khususnya Bank BPD Bali, sehingga Bank BPD Bali tetap menjadi satu-satunya bank milik Bali dan menjadi kebanggan masyarakat Bali,’ ucapnya.

I Nengah Sana menyambut positif upaya inklusi keuangan yang dilakukan Bank BPD Bali Cabang Badung kepada pedagang di pasar yang dibangun sejak awal 2009 ini.

“Kami berharap dengan inklusi keuangan ini, pedagang bisa mendapatkan tambahan modal, bantuan kredit modal kerja, sehingga pedagang bisa mengembangkan usahanya dan akhirnya menambah kios,” katanya. *dik/*

BAGIKAN