Tren Yoga di Kalangan Wisatawan  

57

‪SEJUMLAH wisatawan asal Jepang, Jumat pagi tengah asyik mengikuti kegiatan yoga. Dengan lentur mereka mengikuti tiap gerakan yoga. Salah seorang dari mereka, Sakura Ijuin menuturkan, ia mengenal yoga tiga tahun lalu saat berkunjung ke Bali. Saat ini yoga tengah booming di negaranya.

Yoga yang berakar dari ajaran Hindu, saat ini telah menjadi tren dunia. Di banyak negara termasuk Jepang yoga tengah booming. Tren ini merambah dunia dari Bali, karena banyak wisatawan yang datang ke Bali  mengenal yoga dan merasakan manfaatnya, mulai mempromosikan yoga di negara masing-masing. Bahkan, banyak wisatawan yang belajar menjadi guru yoga, seperti di Yayasan Markandeya Yoga Indonesia.

Sakura menuturkan, setelah mengenal yoga banyak manfaat yang dirasakan. “Kalau di Jepang semua orang sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk berolah raga. Namun dengan yoga cukup dilakukan 10 menit seluruh peredaran darah kembali normal,” katanya.

Dengan yoga ia merasa kembali fresh. Sakura yang awalnya datang ke Bali untuk melakukan kegiatan sosial bersama Yayasan World Kid Museum, belajar banyak budaya Bali salah satunya yoga.(pur)

BAGIKAN