SDM Mumpuni, Dorong Perkembangan Koperasi  

63

Denpasar (BisnisBali)- Bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) patut disikapi dengan meningkatan sumber daya manusia (SDM). Hal ini penting, karena sudah terjadi persaingan SDM antarnegara anggota ASEAN.

Sudah banyak tenaga kerja (naker) yang beraktivitas d22i Indonesia termasuk Bali. Namun belum terekspose luas, sehingga masih belum dirasakan. Apa pun itu, semestinya sudah disikapi sedini mungkin melakukan peningkatan SDM.

Terutama di sektor koperasi, mulai dari pengurus aktif mempersiapkan peningkatan pengetahuan mengelola koperasi,  pengawas terus menjadi peserta diklat aktif, sehingga mampu berperan mengawasi pengurus dalam menjalankan pengelolaan koperasi.

Pemerhati sekaligus Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Denpasar, I Dewa Bagus Putu Budha, S.E.,M.M., Jumat (21/10) menegaskan, kepengurusan koperasi mesti dipacu peningkatan SDM-nya. SDM mumpuni akan membawa perkembangan koperasi cukup pesat. SDM yang tangguh akan mampu mensejahterakan anggota. Sehingga apa yang menjadi prinsip dan asas serta jati diri koperasi menjadi kenyataan.(sta)

BAGIKAN