Peternak masih Sulit Akses Modal Perbankan  

40

Tabanan (Bisnis Bali) – Sejumlah kalangan pelaku usaha di sektor peternakan secara umum masih mengeluhkan masih sulitnya akses permodalan dari bank di tengah bergulirnya program penguatan modal saat ini. Kondisi tersebut paling dirasakan di kalangan pelaku peternakan pemula.

“Bagi pemula, mereka ini masih mengeluhkan sulitnya akses permodalan perbankan. Bahkan, mereka (peternak pemula) ini harus meminta rekomendasi dari dinas terkait untuk bisa mengakses pinjaman modal dari bank,” kata salah seorang pelaku usaha peternakan di Desa Buruan, Kabupaten Tabanan, Darma Susila, Kamis (20/10).

Ia menerangkan, alasan dari pihak perbankan kondisi tersebut karena memang ada persyaratan yang diterapkan pihak perbankan terhadap pelaku usaha pemula ini. Kondisi tersebut berarti memang di tengah berbagai kemudahan yang digulirkan pemerintah melalui program penguatan modal dengan melibatkan kalangan perbankan, tampaknya belum bisa banyak membantu bagi kalangan pebisnis pemula. Sebab, bank sendiri memiliki aturan sekaligus prinsip kehati-hatian dalam menggulirkan kredit di lapangan. (man)

BAGIKAN