Pendampingan BI Perkuat Sektor Pertanian

85
kup- PADI - Pengolahan hasil pertanian padi.

Gianyar (Bisnis Bali) – Memperkuat sektor pertanian KPW Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali melakukan pendampingi yakni  penerapan  budi daya tanaman padi di Subak Getas Buruan Blahbatuh Gianyar dengan teknik SR1 yang dikombinasikan dengan Jajar Legowo 2:1.   TPL Klaster padi BI, I Dewa Gata, Jumat (21/10) mengatakan, penggunaan  pupuk organik berbasis MA-Il salah satu tujuannya adalah mendorong dan memotivasi petani untuk terus menekuni bidang pertanian.

Diungkapkannya, teknik kombinasi pola tanam ini mengubah pola tanam lama yang bersifat fuI-kimia untuk berangsur kembai ke pola tanam semi organik. Petani selanjutnya diharapkan dapat menuju sistem tanam padi yang full organik.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan terakhir  Rabu (19/10) padi memiliki tinggi rata-rata 125 cm dan jumlah anakan rata-rata 50 dengan bulir sebanyak 276 di tiap malainya. Hasil pengubinan awal yang dibukukan pada (20/10) 2016 bersama BPS Kab. Gianyar, dari 3 titik areal pengubinan didapatkan hasil rata-rata 9,52 ton/Ha meningkat sebesar 27 persen dari panen tahap I yang rata-rata sebesar 7,5 ton/ Ha dan meningkat sebesar 73 persen dari kondisi awal yang rata-rata hanya 5,5 ton/ Ha. (kup)

BAGIKAN