Pemkab Gianyar Terima Molin dan Torlin Komitmen Lindungi Perempuan dan Anak  

565

Gianyar (Bisnis Bali)- Komitmen Kabupaten Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kembali mendapat dukungan dari pemerintah pusat, dengan diterimanya bantuan sebuah mobil dan motor perlindungan perempuan dan anak (molin dan torlin) dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) RI. Bantuan diserahkan langsung oleh Menteri PPA RI, Yohana Susana Yembise, di Gedung  Danapala Kementerian Keuangan RI, Jumat (21/10).

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gianyar, I.A  Putu Sri Ambari, saat diminta konfirmasinya seusai menerima bantuan tersebut mengatakan, ada 34 provinsi dan 170 Kabupaten /kota di Indonesia yang menerima bantuan, sedangkan  Bali yang menerima bantuan molin dan torlin adalah Kabupaten Gianyar,  Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

‘’Bantuan ini merupakan support dari pemerintah pusat atas kinerja kami di daerah yang memang sungguh-sungguh memperjuangkan kepentingan dan perlindungan perempuan dan anak,’’ jelasnya.

Ditambahkan, molin dan torlin ini, selain untuk operasional kegiatan perlindungan perempuan dan anak, fasilitas tersebut juga untuk memperluas penjangkauan korban maupun sosialisasi dalam penanganan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Saat ini, Badan PP dan KB Kabupaten Gianyar tengah gencar mensosialisasikan program three ends dalam mengedukasi masyarakat mengenai perlindungan dan pemenuhan hak perempuan dan anak. Program atau salam three ends itu berupa sosialisasi akhiri 3 hal, yaitu mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang dan mengakhiri ketidakadilan akses ekonomi terhadap perempuan.

“Mobil ini juga bisa sebagai untuk fasilitas mobil pelayanan cepat dan nyaman, seandainya terjadi kasus kekerasan di suatu lokasi seperti sekolah, rumah maupun tempat-tempat lainnya,” jelas I.A Sri Ambari.

Ia melihat pemerintah daerah harus terus bersinergi dengan pemerintah pusat untuk melindungi hak-hak perempuan dan anak. Terlebih dalam upaya menekan angka kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang belakangan ini semakin tinggi kasusnya.

Ditegaskannya, melihat wilayah Kabupaten Gianyar yang cukup luas, Sri Ambari berharap Molin dan terutama Torlin dapat menjangkau daerah-daerah yang selama ini cukup sulit dijangkau. (kup/*

BAGIKAN