Emas Sarana Investasi Menguntungkan

58
INVESTASI - Investasi perhiasan emas dipercaya menguntungkan dibandingkan sarana investasi lainnya.

EMAS batangan maupun dalam bentuk perhiasan, sampai saat ini masih menjadi sarana investasi yang aman dan berpeluang menguntungkan. Bagaimana para perajin/pebisnis menyikapi peluang pasar serta minat investasi konsumen? Berikut laporannya.

Dalam bentuk emas batangan, investasi ini paling menjanjikan keuntungan. Hal itu karena kadar emas ini 24 karat adalah emas murni tanpa penambahan unsur logam lainnya. Ketika harga emas naik jelas keuntungannya lebih riil. Sementara dalam bentuk perhiasan tak kalah prospektif walaupun ada penambahan unsur logam lain seperti kuningan, tembaga, perak, dan lainnya dalam bahan bakunya. Biasanya perhiasan emas yang paling prospektif nilai investasinya memiliki kadar 22 dan 23 karat. Beda dengan kadar 18 maupun 21 karat. Kenapa? Hal tersebut terkait kolaborasi material emas yang digunakan. Emas 23 karat merupakan bahan baku perhiasan 91 persen yakni hasil kolaborasi 9 unsur emas dan satu tembaga. Dengan campuran ini, memudahkan pemotif dalam produksi karena emas tak terlalu lembek. Dari sisi investasi emas ini juga awet dan memiliki nilai purnajual yang relatif stabil. Sementara emas 18 karat umumnya dikenal emas muda yang digunakan memproduksi perhiasan anak-anak. Yang ini umumnya lebih mudah pudar karena campuran materialnya tak sebaik kadar 22 dan 23 karat.

Owner Wirata Jewellry, Kadek Ariana menyampaikan untuk investasi emas batangan maupun perhiasan memang prospektif. Hal tersebut karena perhiasan emas mudah diuangkan dalam kondisi apapun. Bahkan, dalam kondisi harga emas naik, mereka yang punya investasi dan menjual perhiasan yang dimiliki berpeluang mendapatkan untung. (gun)

BAGIKAN