UMKM Didorong Miliki HaKI

235
kup UMKM-Direktorat Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) memberikan pemahaman tentang perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Gianyar yang berlangsung di Hotel Gianyar, Rabu kemarin.

Gianyar (Bisnis Bali) – Direktorat Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) memberikan pemahaman tentang perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Gianyar yang berlangsung di Hotel Gianyar, Rabu (19/10).

Hal tersebut sebagai upaya awal untuk kian memperkuat hak paten produk kerajinan dan industri di tengah ketatnya persaingan global saat ini.

Kepala Seksi Direktorat Pengembangan Produk Ekspor Kemendag RI,  Ichwan Joesoef mengatakan, pentingnya HaKI sebagai perisai bagi hasil produk pengusaha. Di samping itu, ia juga telah meluncurkan layanan unggulan bernama Indonesia Design Development Centre (IDDC). Program tersebut merupakan wahana bagi pelaku usaha dengan para desainer untuk bertukar pikiran dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

 “Kita perkuat dengan layanan informasi yang sedang menjadi trend saat ini,”katanya.* kup

 

BAGIKAN