Pesona Wisata Air Terjun Sekumpul Disukai Wisman

55

Singaraja (Bisnis Bali) –  Buleleng memiliki sejumlah objek wisata air terjun salah satunya air terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Sesuai sebutannya air terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah tujuh air terjun. Pesona objek wisata alam ini pun terkenal hingga ke mancanegara, sehingga tak salah objek wisata alam yang nan eksotik  ini selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman).

Perbekel  Desa Sekumpul, I Made Suarta  baru-baru ini mengatakan  objek wisata air terjun sekumpul ini berada di perbatasan antara Desa Lemukih dan Desa Sekumpul. Sumber air terjun berasal dari Desa Lemukih sementara akses menuju air terjun melalui Desa Sekumpul. Dikatakan tahun depan pihaknya merencanakan menghadirkan konsep khusus untuk kenyamanan wisatawan yang berkunjuung ke objek tersebut. Konsep tersebut yakni “one day in vilage” dengan didukung fasilitas seperti tracking dan stand kuliner khas Buleleng di kawasan air terjun serta memperkenalkan konsep Tri Hita Karana (THK) kepada wisatawan seperti wisata religi untuk beberapa Pura lengkap dengan sejarahnya.

Selain itu juga akan didukung  keindahan alam sekitar air terjun dan keramahan serta aktifitas masyarakat yang ada di sepanjang jalan menuju Air Terjun Sekumpul. Lanjutnya, dengan konsep one day in vilage ini pihaknya berharap bisa mengenalkan budaya seperti kesenian yang bisa di tampilkan pada malam hari di open stage Desa Sekumpul di mana dalam hal ini peran masyarakat sangat penting untuk mendukungnya dalam hal ini yang memiliki bakat seni. *ira