’’Mabesikan Festival’’  Libatkan Seniman Hentikan Kekerasan di Bali

97
kup Tim yang merancang program mabesikan festival untuk menghentikan kekerasan pada anak dan wanita di kawasan pariwisata Bali.

Denpasar (Bisnis Bali) – Bali sebagai destinasi  pariwisata dunia tak lepas dari sorotan terkait  terjadinya kasus kekerasan kepada anak, wanita, pemasungan orang  sakit jiwa, dan lainnya.

Program Cfficer Search for Common Ground, Michelle Winowatan, Rabu (19/10) mengatakan mabesikan festival ini dikemas untuk menghentikan kekerasan yang terjadi di Bali dengan melibatkan para seniman dan aktivis yang ada di Bali.

Diungkapkanya, mabesikan festival dikemas dalam bentuk kumpulan pameran seni, pertunjukan musik dan budaya, lokakarya kreatif, nonton dan diskusi film, dan lainnya. Kegiatan ini untuk mengkolaborasikan berbagai pihak untuk mengatasi isu sosial melalui pendekatan seni. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Budaya Kertalangu, Sabtu (22/10) mendatang.

Winowatan menjelaskan isu sosial yang dimaksud konflik lahan dan sumber daya, kekerasan berbasis gender, dan inklusivitas sosial. Kegiatan mabesikan project search ini didukung Pemerintah Denmark. Di Indonesia project ini banyak terfokus pada program isu keberagaman, pencegahan kekerasan ekstremisme, kesetaraan gender, dan demokrasi.

LBH Apik Bali, Nengah Budawati mengatakan mabesikan festival ini menjadi media seni dan project untuk menghentikan kekerasan pada anak. Program yang ditampilkan lebih menekan angka kekerasan pada wanita dan anak-anak.

Seniman Ayu Laksmi mengatakan upaya menghentikan tindak kekerasan kepada wanita dan anak tidak mesti hanya melalui media demo dan unjuk rasa. Ini juga bisa ditampilkan dalam bentuk garapan seni.

Ia menjelaskan garapan seni ini ditampilkan dengan lembut. Melalui seni, seniman dan lembaga social masyarakat (LSM) bisa menampilkan perjuangkan untuk menghentikan segala tindak kekerasan di Bali.  “Tampilan seni menjadi media yang tepat untuk mencegah kekerasan kepada anak-anak, wanita, termasuk orang sakit jiwa di Bali yang sampai dipasung ,” ucapnya. *kup

BAGIKAN