Knalpot Variasi Roda Dua kian Laris  

156

Denpasar (Bisnis Bali) –  Produk suku cadang variasi untuk sepeda motor seperti knalpot racing hingga kini, cukup diminati konsumen. Terutama dari kalangan remaja, karena tampilannya lebih dekoratif dan berbunyi nyaring dibandingkan suku cadang asli dari motor bawaan pabrik. ‘’Selain harga knalpot variasi ini lebih murah dibandingkan dengan produk suku cadang yang asli, juga produk variasi tersebut lebih dekoratif dari segi warna dan bentuk,’’ ujar Iwan, salah seorang pebisnis variasi motor, Rabu (19/10) di Denpasar.

 Lanjutnya, penghobi otomotif saat ini cenderung mengganti knalpot standarnya dengan produk variasi, sehingga selalu ada konsumen tiap hari di tempatnya.

‘’Knalpot racing menjadi suatu perlengkapan sepeda motor yang kini bisa dipamerkan di jalan raya, yakni bukan lagi sekadar sebagai alat pembuang gas atau pembakaran mesin pada kendaraan semata,’’ ungkapnya.

Lanjutnya, pertumbuhan kepemilikan sepeda motor yang cukup pesat ikut memacu pertumbuhan aksesori sepeda motornya. ‘’Pembuatan dan desain knalpot racing tidak bisa sembarangan. Melainkan tetap harus berpijak pada optimalisasi fungsi dan prinsip knalpot yang baik,’’ jelasnya seraya menambahkan, selain konsumen memilih langsung knalpot yang diinginkan, pihaknya selalu memberikan masukan dan penjelasan mengenai aspek desain atau bentuk knalpot yang paling cocok dengan karakteristik mesin sepeda motor. Bahan yang biasa dipilih konsumen adalah stainless steel, galvanis dan pelat besi. ‘’Makin tipis bahan akan membuat suara yang dihasilkan makin nyaring,’’ katanya.

Harga satu buah kenalpot racing, kata dia, cukup variatif tergantung jenis, bahan baku dan desain yang diinginkan konsumen. Pihaknya mematok harga mulai Rp 350 ribu – Rp 950 ribu per unit.

Selain menyediakan knalpot variasi, pihaknya juga menyediakan produk variasi lainnya seperti spion, pelek, piringan disc break, sockbreaker, lampu sein, lampu depan dan belakang, serta produk lainnya. ‘’Masyarakat cukup menggemari aksesori variasi tersebut, karena tampil lebih keren dan trendi, dibandingkan dengan tampilan sepeda motor yang masih standar,’’ imbuhnya.

Produk variasi tersebut kebanyakan didatangkan dari Taiwan dan Thailand, serta sebagiannya lagi masih produk lokal, yang langsung didatangkan dari Surabaya dan Jakarta.’’Pemasangan produk variasi tersebut bisa dipasang di segala jenis dan merek sepeda motor, baik jenis matik, sport maupun jenis bebek. Mengingat produk variasi ini, sudah dirancang dan diperuntukkan pada segala jenis dan merek sepeda motor,’’ tandasnya. *aya

BAGIKAN