Gaya Hidup Praktis Berkembang Perlengkapan Upacara Jadi Peluang Bisnis

60

‪ORANG Bali punya berbagai peluang ekonomi kerakyatan, yang lekat dengan agama dan budaya kearifan lokal. Di antaranya bisnis perlengkapan upacara. Mulai dari yang berwujud upakara sederhana sampai dengan tingkatan lebih besar, juga berbagai sarana pelengkap lainnya. Seiring berkembangnya pola hidup praktis masyarakat khususnya di kalangan umat Hindu, semua itu kini bisa dibeli alias tersedia di pasar Рpasar tradisional maupun modern. Seperti apa peluang bisnisnya?

‪Salah seorang penjual berbagai perlengkapan upacara di Pasar Anyar Sari, Kadek Ariyani, Rabu (19/10) menuturkan, bisnis perlengkapan upacara saat ini memang makin menggeliat. Mulai dari dagang canang sari, segehan, maupun berbagai jenis jejahitan sampian untuk keperluan upacara sederhana sangat mudah diperoleh di pasar.

Bahkan, sebutnya, untuk jenis canang sari ada belasan pedagang yang setiap hari berjualan di pasar. Mereka telah menjadikan bisnis kearifan lokal ini sumber nafkah sehari – hari keluarga akibat¬ permintaan yang terus mengalir.

Terkait harga jual dari salah satu jenis upakara dasar ini bervariasi. Kalau canang sari biasa kisarannya Rp 1.000 – Rp 1.500 per biji sedangkan canang sari besar bisa dijual Rp 1.500 – Rp 2.500 per biji. Sebutnya, dalam bisnis canang pun ada fluktuasi harga tergantung mahal atau murahnya bahan baku. *gun

BAGIKAN