Desain Kebaya Endek, Optimis akan Kuasai Pasar    

458
ist  Desainer serta model mengenakan kebaya endek,  guna mendorong penggunaan kebaya tertutup.

Denpasar (Bisnis Bali)- Desain kebaya endek yang banyak diciptakan saat ini, diyakini akan memiliki peluang pasar yang tinggi. Pasalnya penggunaan kebaya tertutup saat ini terus digencarkan, yang tentunya kebaya endek akan menjadi pilihan masyarakat dengan sifatnya yang tertutup.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengedepankan nuansa kebaya tertutup, seperti halnya tema “Pesona Kebaya” pada fashion show yang digelar dalam pemilihan Duta Endek Kota Denpasar tahun 2016. Tema yang diusung salah seorang desainer yang bernama Ni Wayan Ria Mariani,  ini diharap mampu mengedepankan kebaya sopan dengan media kain tenun ikat Bali.

“Makin hari tren kebaya tidak sexy lagi, tapi lebih ke desain yang sopan, elegan dan bermartabat. Tema ‘Pesona Kebaya’ ini saya pilih dalam fashion show pada pemilihan Duta Endek Kota Denpasar 2016, adalah salah satu cara untuk mensosialisasikan penggunaan kebaya endek yang sopan,” ungkapnya. di Sanur, Rabu.

Dengan demikian, dia mengaku optimis kebaya endek akan booming nantinya, karena permintaan pasar saat ini akan lebih mengarah kepada kebaya yang sopan.

Ditanya soal desain kebaya yang diciptakannya saat pemilihan Duta Endek Kota Denpasar 2016, dia mengaku, tentu menciptakan kebaya endek yang memiliki ciri khas tersendiri. Dia mengatakan, kebaya endek rancangannya identik dengan warna pastel.

“Ide itu saya dapatkan dari pensil dengan warna pestel, yang kemudian saya memikirkan ide membuat desain kebaya endek dengan kombinasi warna pastel. Bahan yang digunakan adalah tenun ikat dengan dominan pastel yang dikombinasikan dengan lace, payet dan tepi india,” katanya.

Lebih lajut dia menjelaskan, alasannya memilih warna dan tema, karena pastel, menjadi tren tahun 2016 dan kemungkinan akan bertahan sampai 2017 nanti. Menurutnya, warna ini bisa dipakai oleh semua usia, karena tidak mencolok, serta tidak terlalu kalem dan tentunya warna ini memiliki sifat yang elegan.

“Begitu pula pemilihan dasar endek yang digunakan untuk kebaya akan menimbulkan kesan sopan, karena bahan tidak transparan, banyak warna serta motif endek sangat bagus dikombinasikan dengan lace, payet dan tepi india. Hal ini akan memberikan pesona tersendiri bagi yang menggunakan karena ada sentuhan etnik Bali,” katanya. (wid)

 

BAGIKAN