Rumah Kayu Laku di dalam dan Luar Negeri

111

Mangupura (Bisnis Bali) – Rumah kayu (knock down) salah satu produk kerajinan khas Bali yang tak kalah laku di pasaran. Pangsa pasarnya tak hanya kalangan pemilik akomodasi pariwisata seperti vila, hotel, bungalo, dan lainnya, namun rumah kayu umumnya dimanfaatkan sebagai pelengkap bangunan pokok, baik berupa bale bengong, pos satpam, maupun tempat makan lesehan yang kini cukup marak. Selain itu, rumah kayu tak kalah diminati pasar ekspor.

Pebisnis rumah kayu, Partama Yasa, belum lama ini, di By Pass Ngurah Rai mengungkapkan, rumah kayu memanfaatkan sistem rakitan atau sistem sunduk, sehingga bisa dibongkar pasang dan dipindah-pindah. Unsur kayu yang digunakan lebih ringan dibandingkan beton sehingga bisa dipeti kemas untuk tujuan ekspor.

Berbagai jenis produk rumah kayu antara lain, jineng, bale bengong, dan lainnya. ‘’Produk ini umumnya total menggunakan material kayu, baik dari bagian tiang, sunduk, lantai, hingga atap yang biasanya menggunakan sirap,’’ katanya. Beberapa rumah kayu, lanjutnya, juga ada yang menggunakan atap alang – alang.  ‘’Ukurannya juga beragam dan menentukan harga jualnya,’’ jelasnya.– Selengkapnya Baca Koran Harian Bisnis Bali   (gun)

BAGIKAN