Garuda Optimalkan Rute Cina dan India  

108
kup CINA - Guna mencapai target 20 juta wisatawan, Garuda Indonesia mengoptimalkan penggarapan pasar Cina ke Bali.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemerintah menargetkan penerbangan Indonesia khususnya Garuda Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. President & CEO Garuda Indonesia, M. Arief Wibowo, Rabu (12/10) mengatakan, untuk mengoptimalkan pasar internasional dengan mengoptimalkan rute ke Cina.

Ia mengungkapkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata sudah menargetkan 20 juta wisatawan ke Indonesia 2016. Ini disikapi dengan Garuda peningkatan target pasar internasional.

Ia menjelaskan, saat ini pasar internasional Garuda  berkisar 30 persen. Mengikuti program peningkatan sektor pariwisata, Garuda Indonesia bisa meningkatkan target pasar internasional menjadi di atas 40 persen.

Dipaparkannya, meningkatkan pasar internasional dalam waktu dekat Garuda akan membuka rute ke India. Garuda juga akan mengoptimalkan pembukaan rute ke Cina.

Ia mencontohkan, pembukaan rute Shanghai ke Denpasar. Ini diharapkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan Cina ke Bali.

Menurutnya, pembukaan rute ke Cina di antaranya untuk mencapai target 12 juta wisman di tahun 2016. Pembukaan rute penerbangan langsung dari Shanghai menuju ke Denpasar. Rute ini diharapkan mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari Cina, sehingga mampu mencapai target nasional yang sudah ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Pembukaan rute baru ini disebabkan karena pasar Cina masih merupakan yang terbesar kedua jumlah kunjungan ke Bali setelah Australia.

Rute penerbangan baru dari Shanghai menuju ke Denpasar ini akan dilayani sebanyak 3 kali dalam seminggu, yaitu tiap hari Minggu, Selasa dan Kamis. Garuda Indonesia memang serius menggarap potensi turis Cina.

Saat ini saja sudah ada sekitar 36 kali penerbangan dari Shanghai, Beijing, dan Guangzhou menuju ke Jakarta dan Denpasar. Bukan tidak mungkin jumlahnya akan bertambah di masa depan.

Arief Wibowo menambahkan, dengan dibukanya rute ke Cina, kota-kota yang dilayani Garuda Indonesia antara lain Chengdu, Chongqing, Hefei, Kunming, Ningbo, Zhengzhou, Shenyang, Jinan, Tianjing, Taiyuan dan Xian. (kup)

BAGIKAN