Aktif Jadi Peserta ’’Exhibition’’, Dorong Pemasaran Produk Unggulan

67
sta Salah satu kerajinan batu yang banyak diminati konsumen asing.

Denpasar (Bisnis Bali) – Promosi merupakan alat yang efektif untuk mengenalkan produk yang akan dijual.  Apalagi pelaku usaha yang memiliki produk unggulan menjadi peserta aktif exhibition. Melalui ajang pameran, produk unggulan makin dekat dengan konsumen.  Hal ini disampaikan pemerhati kerajinan Bali yang mantan Kabid Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali, I Ketut Darta, S.H., belum lama ini, di Denpasar.

Menurut Darta, ajang promosi yang paling tepat adalah menjadi peserta aktif pameran, baik pameran lokal, nasional atau luar negeri. Pasalnya, ajang pameran akan mempertemukan partner atau relasi bisnis. Di samping itu, di pameran, konsumen akan datang langsung. ”Pameran menjadi even yang pas untuk mempromosikan aneka produk unggulan,’’ katanya.

Misalnya, produk kerajinan Bali jenis patung, suvenir, anyaman, lukisan dan banyak yang lainnya. ‘’Jika ikut dipajang dalam ajang pameran, maka lebih cepat dikenal masyarakat umum, sehingga nantinya akan dapat respon atau kontak dagang,” katanya.

Darta mengakui, di Bali sudah ada tempat yang sering digunakan sebagai ajang pameran. Hanya saja masih banyak masyarakat yang belum mengenal tempatnya. Bahkan, pameran bertaraf nasional sering dilaksanakan. ‘’Namanya Bali Creative Industry Center yang lokasinya di Tohpati Denpasar Timur. Tempat ini milik Kementerian Perindustrian RI,’’ katanya.– Selengkapnya Baca Koran Harian Bisnis Bali    (sta)