Sajian Unik, Es Salju Tarik Minat Pengunjung  

147
  ‪ wid Penjual es salju sedang melayani pembeli

Semarapura (Bisnis Bali)- ‪Berbagai varian es yang disajikan untuk menghilangkan dahaga memang banyak ditawarkan pada even-even pameran ataupun festival tertentu. Tak terkecuali minuman yang disebut es salju ini, turut memeriahkan acara Nusa Penida Festival yang berlangsung Jumat  (7/10) hingga Minggu(9/10) kemarin. Tentunya es salju ini mampu menarik minat masyarakat untuk menikmatinya di tengah panasnya terik matahari.

‪Penyajian yang unik,serta varian rasa yang ditawarkan es salju membuat minuman jenis ini diserbu masyarakat pada penyelegaraan festival yang digelar Pemerintah Kabupaten Klungkung. Jailini Sidik, adalah salah seorang  pedagang yang menjajakan es yang disajikan diatas piring sterofom, yang dipadukan dengan alas berbentuk krucut di bawahnya.

‪“Es salju hanyalah sebuah penamaan terhadap es yang memang ada sejak zaman dahulu. Namun kami kemas dengan menarik, sehingga lebih terlihat modern dan unik,” ungkap pria yang juga sering disebut Pungpung ini.

‪Lebih lanjut dia menjelaskan, minuman ini adalah minuman khas Jepang, yang biasanya serutan es ditambah saos atau sirup dengan  berbagai varian rasa. Penamaan es salju juga dikarenakan tekstur es ini yang menyerupai salju. Ada pun penyajian es salju sangat sederhana, yaitu serutan es yang lembut kemudian ditambahkan sirup dengan tiga varian rasa, pandan, jeruk dan stroberi, serta pada akhirnya penyajian ditambahkan pula susu kental manis dengan tujuan lebih memperkaya rasa.

‪“Sirup yang kami gunakan adalah sirup yang kami buat sendiri, dengan gula asli serta pewarna dan perasa makanan yang sudah terdaftar. Hal ini kami lakukan untuk menjaga kesehatan dan kepercayaan konsumen,” katanya.

‪Disinggung soal harga, dia mengatakan, untuk menikmati seporsi es salju ini, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000. Porsi minuman ini cukup besar, sehingga  bisa dinimkati oleh dua orang atau lebih.

‪Pungpung mengaku, pada event-event seperti ini mampu menjual 50 pcs es salju per harinya. Menurutnya, sajian yang unik membuat masyarakat sangat tertarik untuk mencobanya.

 Dia mengaku, penjualan es salju ini hanya dilakukan pada even-even tertentu, yang tidak hanya di Bali, berbagai even diikutinya di beberapa kota seperti Makassar dan Ambon. (wid)