Pemkab Tabanan dan Perguruan Siwa Murti Kembali Gelar Pengobatan ’’Sekala Niskala’’

72
Man  Bupati Eka ikut terjun langsung obati warga

Tabanan (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali membuktikan kepeduliannya kepada masyarakat dengan menggelar kegiatan bakti sosial dalam bentuk pengobatan sekala niskala (medis dan non medis) secara gratis. Dengan menggandeng Perguruan Siwa Murti, Dinas Kesehatan serta Yayasan Ekalawya Educare Foundation, digelar pengobatan gratis bertempat di Wantilan Desa Munduk Temu, Pupuan, Sabtu (8/10) lalu.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi, Ketua Umum Perguruan Siwa Murti,  Jero Mangku Made Subagia, dan para SKPD di Lingkungan Pemkab Tabanan.

Pengobatan yang telah dimulai sejak pukul 09.00 wita itu dihadiri oleh ratusan masyarakat. Mereka tampak sangat antusias mengikuti pengobatan medis maupun non medis tersebut, terlebih ketika Bupati Eka secara langsung ikut mengobati warga yang mendaftar pengobatan niskala.

Menurut orang nomor satu di Tabanan itu, dalam hidup harus selalu berbuat baik  dengan sesama, karena hidup merupakan investasi karma. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk investasi karma dengan membantu masyarakat. Dengan membantu masyarakat kami tidak hanya menabung dari sisi materi, namun juga dari sisi kebaikan,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, pemeriksaan dan pengobatan gratis saat ini juga disediakan Mobil Sehat yang merupakan kebanggan Tabanan. “Meski di Tabanan memiliki PAD kecil tapi kami memiliki Mobil Sehat yang sangat membanggakan. Bahkan di Indonesia pun ini yang pertama,” ujarnya.

Bupati Eka mengatakan, ke depannya pengobatan niskala ini akan menjadi program berkelanjutan sebagai bentuk yadnya dalam menjalankan kewajiban kepada masyarakat. “Dengan pengobatan niskala kami juga diingatkan untuk dekat dengan culture budaya. Dalam pengobatan ini tidak membedakan siapapun, sehingga kami harapkan tidak hanya secara sekala tapi niskala juga sehat,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Pupuan, Putu Arya Suta melaporkan,  pengobatan sekala niskala ini merupakan kali kedua yang digelar di Pupuan. “Ini merupakan pengobatan kedua yang kami gelar di Pupuan, sebelumnya telah kami lakukan pengobatan gratis di Pujungan,” jelasnya.

Pihaknya mengatakan, lebih dari 500 orang telah mendaftar pengobatan gratis pada hari itu. “Berdasarkan data terakhir sebanyak 222 orang mendaftar pengobatan medis dan 350 orang mendaftar untuk pengobatan niskala, jumlahnya pastinya akan terus bertambah,” tandasnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Bupati Eka. “Saya mewakili masyarakat Pupuan mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati atas berbagai program inovatif yang sudah dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat kami. Kehadiran ibu merupakan kebahagiaan dan sangat memberikan semangat bagi masyarakat pupuan,” tegasnya.

Selain pengobatan sekala nisakala, acara yang dihadiri ratusan warga masyarakat ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dari Yayasan Ekalawya. (man)

BAGIKAN